Home » » Mampu untuk menyatakan kebenaran

Mampu untuk menyatakan kebenaran

Written By Unknown on Selasa, 26 Februari 2013 | 04.08

Kebenaran memang sudah menjadi hak setiap manusia, apa bila kebenaran yang kita miliki tidak dihiraukan ataupun tidak diakui orang lain, tentu kita merasa sedih, sebab kebenaran yang memang benar sepatutnya untuk di benarkan. Banyak orang yang menghabiskan hartanya untuk mencari suatu kebenaran, tapi dalam pembahasan kali ini kita bukan membahas mengenai kebenaran, seperti yang sudah di uraikan di atas. Kebenaran yang kali ini akan di bahas dalam artikel ini adalah, Bila kita merasa bersalah seharusnya kita mampu untuk menyatakan kebenaran bahwa kita itu salah. ini yang akan menjadi pembahasan kita kali ini, sebab untuk menyatakan suatu kesalahan yang pernah kita perbuat bukanlah segampang mengatakan nama kita sendiri, karena banyak alasan kenapa kita tidak mampu dalam menyatakan suatu kebenaran bahwa semuanya itu adalah merupakan kesalahan. Seringkali kita merasa bersalah tapi selalu didiamkan, tapi bila kawan ataupun orang lain bersalah kita malah membahasnya dan menjadikan masalah itu menjadi besar. Terkadang kita lebih suka melihat kesalahan otang lain daripada mengoreksi diri kita sendiri, dan kita bahkan lebih faham pada kesalahan orang lain ketimbang semua kesalahan yang pernah kita perbuat. Tapi jangan heran itulah yang namanya hidup. Untuk saat ini aku akan menjelaskan beberapa faktor yang membuat kita merasa tidak mampu untuk menyatakan kerbenaran suatu kesalahan itu.

  • Kita merasa lebih dari pada orang lain.
Hidup ini merupakan suatu kenyataan dimana kita harus lebih serba bisa untuk mendapatkan hidup yang menyenangkan. Setiap orang berlomba lomba untuk maju, sehingga terciptanyalah suatu kesenjangan hidup, dimana suatu kasta tercipta dengan sendirinya. Hal yang seperti ini banyak mempengaruhi hidup kita, baik itu dalam membenarkan dan menyalahkan. Kebanyakan orang bila dia merasa lebih tinggi derajatnya dengan manusia lainnya, akan sangat sulit untuk menerima suatu kesalahan bahkan kesalahan yang memang  dia perbuat sangat sukar untuk dia mengakuinya. Ini adalah suatu realita hidup saat ini, tapi bila kita masih sederajat atau boleh dikatakan bersahabat pastinya dalam menyatakan kebenaran bahwa kita bersalah akan lebih mudah. Merasa kita lebih hebat daripada yang lain akan menjadikan kita tetap merasa benar, dan menjadi pantangan bila kita disalahkan apa lagi untuk menyatakan kesalahan kita sendiri, yang memang sudah terbukti bersalah dan semua orang sudah mengetahuinya.
  • Takut menerima konsekwensinya.
Malu adalah suatu konsekwensi dari permasalahan ini, makanya banyak orang selalu mendiamkan semua kesalahan yang dia perbuat, bahkan dia akan menjadikan orang lain sebagai kambing hitamnya. Harga diri membuat kita buta, dalam hal apapun baik itu terhadap kesalahan yang telah kita perbuat. Memang untuk menerima rasa malu ini kita sedikit canggung, soalnya kita merasa itu adalah tabu bagi kita.

Kesimpulan :

Untuk menyatakan suatu kebenaran dalam hal bersalah itu, anda tidak perlu untuk memikirkan rasa malunya dan memperdulikan harga diri anda, sebab sebuah kesalahan itu tidak memandang hargadiri dan konsekwensinya, nyatakanlah bila anda memang bersalah, karena keberanian kita mengungkapkan suatu kesalahan walaupun itu kesalahan kita sendiri yang memang sangat menyakitkan hal tersebut menjadi nilai positif buat anda. Pikirkanlah kebaikan yang bakal anda dapatkan dibalik suatu pengakuan yang anda nyatakan, bahwa kenyataan yang anda utarakan itu paling tidak masih dapat membahagiakan orang lain.

Pesan
" Seberat apapun kesalahan yang engkau perbuat nyatakanlah untuk membuat hatimu damai, walaupun kenyataannya engkau merasa sakit, paling tidak ada orang yang engkau buat bahagia, dan kenyataan yang engkau buat itu masih berguna " ( Rivai Silaban )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Design Website
Copyright © 2013. HKBP Ressort Balimbingan HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN - All Rights Reserved
DESIGN Created by Design Published by RIVAI SILABAN
Join Site by HKBP Nabolon