Home » » Belajar dari semua kesalahan

Belajar dari semua kesalahan

Written By Unknown on Selasa, 26 Februari 2013 | 02.57

Setiap manusia layak untuk mendapatkan penghargaan serta pujian asal jangan semua yang pernah kita miliki itu, akan menjadikan kesombongan dalam diri kita. Banyak orang yang tidak mempermasalahkan, permasalahan permasalahan yang dapat dia temui dalam kesehari hariannya, mungkin dia sudah termasuk orang yang bosan dengan suatu masalah.  Lebih banyak lagi orang yang menganggap sebuah kesalahan itu menjadikan musuh besar bagi dia dan dia tidak dapat menerima resiko dari sebuah masalah tersebut. Tapi cukup sedikit bahkan terbatas bila orang menganggap suatu masalah itu menjadi pelajaran untuk tidak mengulagi kesalahan itu datang kembali. Pembahasan kali ini adalah bagaimana kita mampu untuk menjadikan masalah ataupun semua masalah yang ada dalam diri kita menjadi suatu pembelajaran bahkan ilmu yang sangat berharga buat kita. Dalam artikel kali ini saya akan membahas faktor faktor  untuk menjadikan sebuah masalah itu menjadi pelajaran buat kita. Ada 2 faktor yang akan kita lihat dalam artikel kali ini, iyaitu :

  • Bagaimana cara kita untuk menerima sebuah kesalahan
Dalam kehidupan kita sehari hari sangat langka untuk kita mampu menerima kesalahan yang memang sudah jelas merupakan kesalahan kita. Hal itu diakibatkan adanya didalam diri manusia rasa malu dan rasa ego, sehingga dalam menerima kesalahan yang kita perbuat sangat susah. Terkadang kita selalu ingin hidup dengan tidak adanya kesalahan yang kita perbuat, tapi walaupun demikian, kalaupun kita tidak pernah mempunyai kesalahan sedikitpun tapi kita sebagai mahluk hidup yang bermasyarakat, bagaimana kita mampu menerima bila orang lain bersalah kepada kita ? Apakah semakin kita tidak mengenal rasa bersalah itu semakin benci pula kita kepada seseorang itu, bila ada seseorang yang bersalah kepada kita. Saya rasa hal itu akan sebanding, yah.. yah.... memang kita pasti akan mempunyai kesalahan tapi bagaimana kita mampu untuk menerima semua kesalahan yang kita perbuat ataupun yang tidak kita perbuat.

Solusi ;
Untuk dapat menerima semua kesalahan yang kita perbuat ataupun yang tidak kita perbuat adalah, adanya kontrol diri dalam diri kita, serta rasa kasih sayang. Bila kita mampu dalam mengontrol rasa malu dan ego kita, mudah mudahan kita bakal mampu untuk menerima semua kesalahan tersebut tanpa terkecuali kesalahan siapapun. Kita harus memahami, bila saat ini anda bersalah mungkin besok anda bakal benar, dan itu sudah menjadi kebiasaan dalam hidup kita sehari hari. Rasa Kasih sayang akan memperkuat mental kita untuk mampu menerima sebuah kesalahan, bila seorang teman bersalah , pasti masalah itu hanya biasa saja dan menjadi pelajaran buat anda bila anda menyayanginya, tapi bila anda membencinya pasti kesalahan tersebut akan menjadi besar buat anda.

  • Menjadikan masalah itu menjadi ilmu yang sangat berharga
Masalah itu ada dalam setiap apa yang akan anda kerjakan tergantung bagaimana anda menyikapinya ataupun membawakannya dalam kehidupan anda. Hanya yang menjadi persoalan bagaimana membuat suatu masalah itu bukan untuk menurunkan semangat kita tapi lebih kepada membangkitkan semangat kita, oleh karna itu terciptalah bagaimana kita menjadikan masalah itu menjadi sebuah ilmu yang paling berharga dalam hidup kita. Setiap masalah pasti mempunyai jalan keluar baik itu buruk atau tidak,  tergantung anda yang menilai.

Solusi ;
Kita harus lebih faham terhadap semua masalah dalam diri kita, baik itu yang datang dari orang lain ataupun atas kesalahan kita. Salah satu contoh, ada kalanya anda melakukan suatu pekerjaan dan sudah anda pikirkan tapi ada orang lain yang memberikan suatu solusi menurut pandangan dia bahwa yang anda kerjakan itu masih kurang  bagus dan perlu untuk direfisi lagi, tapi anda hanya berpatokan kepada pemikiran anda tanpa memperdulikan hal yang telah diberikan orang lain tersebut. Hingga tiba saatnya yang anda dapatkan adalah kegagalan, pasti anda akan merasa bersalah tidak mendengarkan ucapan dari seseorang tersebut. Setiap masalah harusnya kita buat sebagai pembelajaran dalam hidup kita, untuk lebih mudah mempelajari masalah yang datang kepada kita baik itu masalah yang kita lakukan, ada baiknya kita sadar diri dan mampu dalam menyatakan kebenaran ( klik disini bagaimana cara kita untuk lebih mampu dalam menyatakan kesalahan kita ) bahwa apa yang telah kita pernbuat itu merupakan suatu kesalahan dan belajar untuk dapat memaafkan ( klik disini, bagaimana kita untuk lebih mampu memaafkan orang lain).

Pesan !!
" Anggaplah semua masalah yang datang kepadamu sebagai awal dari keberhasilanmu, agar apa yang akan kamu kerjakan kedepannya tidak terkendala oleh apapun juga "
( Rivai Silaban )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Design Website
Copyright © 2013. HKBP Ressort Balimbingan HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN - All Rights Reserved
DESIGN Created by Design Published by RIVAI SILABAN
Join Site by HKBP Nabolon